Asal Usul Nama Nasi Box

Kalau kita menggunakan atau mengetikan kata kunci Nasi Bok di bidang pencarian Google pasti oleh Google Indonesia akan direferensikan dengan kata yang paling banyak di gunakan oleh orang lain yaitu Nasi Box.

Kenapa berubah otomatis menjadi kata Nasi Box bukannya seperti biasa sesuai yang kita ketikan “Nasi Bok”? itu karena pengguna Indonesia dalam mencari Paket Nasi Bok lebih sering mengetikan dengan kata “Nasi Box” ketimbang “Nasi Bok” itu sendiri.

Google akan lebih mengarahkan orang dengan referensi yang paling relevan untuk para penggunanya. Begitu juga kata kunci “Nasi Kotak” kemungkinan besar yang akan muncul tetap seputar Nasi Box.

Berarti kata Nasi Box lebih pas dan cocok untuk orang yang sedang mencari Paket Nasi Bok, Paket Nasi Kotak atau bahkan Catering karena masih berhubungan dengan pesan makanan yang dibungkus.

Apa isi dari nasi Box?

Nasi Box pada umumnya berisi Nasi Putih, Lauk Utama, Kerupuk, Tumis Sayuran, dan buah-buahan. Untuk bungkusnya yang paling umum menggunakan jenis kardus polos warna putih, mika box, bahkan yang terbaru menggunakan kardus khusus yang lebih tebal seperti Nasi Boxnya Sl Corp.

Nasi Box Sl Corp
Nasi Box Sl Corp

Awal mula nasi box di Indonesia

Konon awal mula ada Nasi Box bermula sejak masyarakat kita dulu yang mempunyai jiwa sosial tinggi. Dimana Masyarakat Nusantara jika mengadakan kegiatan ritual keagamaan secara bersama-sama biasanya diakhiri dengan pembagian sisa sesembahan atau sesajen seperti hasil bumi dengan maksud syukur mereka pada tuhan yang diagungkan.

Dan wadah atau tempat sebagai tempat untuk membawa pulang makanan tersebut biasanya menggunakan besek yang terbuat dari anyaman bambu. Ditempat lain atau umumnya di tanah Jawa oleh-oleh dari suatu acara biasanya di sebut dengan nama Berkat.

Berubah seiring dengan datangnya Islam masuk ke Nusantara sekitar abad 12-15, kebiasaan yang dilakukan oleh umat Hindu itu tidak bisa hilang begitu saja. Oleh para pendahulu kita yang sudah beragama Islam lantas kebiasaan itu masih tetap di lestarikan, hanya saja kegiatannya yang sudah berbeda, jika dulunya hasil bumi dll itu untuk sesembahan/sesajen selanjutnya diganti dengan kegiatan keagamaan yang Islami dan berkatnya diganti dengan Masakan rumahan yang punya hajat.

Seiring jaman makin maju, besek untuk tempat makanan kini menggunakan bahan kardus yang kebih bersih. Itulah sekelumit sejarah adanya Nasi Box.. semoga menjadi inspirasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *